Powered by Blogger.

Monday, April 10, 2017

#MEMESONAITU PEREMPUAN YANG TAMPIL PERCAYA DIRI

Apa yang ada di pikiran kalian ketika mendengar pertanyaan, "perempuan yang memesona itu kayak apa, sih?" ? Apakah perempuan yang memiliki kulit putih bak artis Korea? Apakah perempuan yang bertubuh semampai bak model Victoria's Secret? Atau... perempuan yang memiliki mata bulat seperti boneka barbie?

Kalau menurutku, #memesonaitu perempuan yang percaya diri

 
Nggak peduli seperti apa tampilan fisikmu, kalau kamu minder dan nggak percaya diri dalam melakukan sesuatu, you're nothing. Kamu nggak akan pernah bisa membuat orang lain terpesona dan terinspirasi dengan dirimu. 

"Tapi.. tubuhku gendut." 
"Badanku terlalu kurus dan pendek..." 
"Kulitku gelap banget. Gimana, ya, biar bisa putih kayak artis Korea?" 

Stop it! 
Kamu harus percaya diri dengan apapun bentuk fisikmu. Mau gendut kek, mau kurus kek, mau terlalu tinggi kek, mau kulit gelap kek, kamu harus pede dengan apa yang telah Tuhan berikan! Fisik yang telah Tuhan berikan adalah sebuah anugerah yang harus disyukuri dan dirawat sebaik mungkin. 
Daripada ngeluh 'aku terlalu gendut' dan ngeluarin banyak uang demi beli obat pelangsing badan, bukankah lebih baik memulai gerakan hidup sehat? Mulai dari mengurangi makan makanan yang berlemak, mengurangi cemilan, dan olah raga secara rutin. Lebih bermanfaat, karena yang dikejar bukan sekadar target 'pengen kurus' tapi 'ingin hidup lebih sehat'.
Daripada ngeluh 'kulitku gelap' dan suntik putih ini-itu yang nggak jelas kandungannya aman atau enggak, bukankah lebih baik merawat kulit luar-dalam? Mulailah untuk scrub di rumah 2x dalam seminggu dan rajin mengonsumsi sayuran agar kulitmu sehat dan bercahaya. Daripada berusaha untuk 'mengubah', bukankah lebih baik berusaha untuk 'merawat'?
Prinsipku, nggak peduli seperti apa fisikku, yang penting aku sehat, karena sehat bisa membuatku tampil lebih percaya diri. 

Seperti apapun fisikmu, kalau kamu percaya diri, kamu pasti bisa terlihat memesona. Contoh, Maria Harfanti. Ia memiliki kulit yang gelap, tapi ia membuktikan bahwa kulitnya bukanlah penghambat jalan kesuksesannya karena ia berhasil meraih gelar Miss Indonesia 2015, Beauty With A Purpose 2015, serta Runner Up 2 Miss World 2015! Maria berhasil menjadi salah satu perempuan yang mematahkan anggapan bahwa cantik itu harus berkulit putih.
Logikanya, kalau kulit gelap itu nggak cantik, secerdas apapun Maria nggak mungkin bisa memenangkan kontes kecantikan tersebut, bukan? Tapi, toh dia bisa menjadi juara dan membuat nama Indonesia harum di kancah Internasional.


source: www.nst.com.my
Contoh lain, Adele, si penyanyi bertubuh gempal asal kota London.
Siapa yang nggak tau dia, sih? Suara merdu dan lagu-lagunya yang keren banget udah terkenal seantero dunia. Berbagai penghargaan telah dia raih. Adele membuktikan, bahwa berat badannya bukan penghambat jalan kesuksesannya. 


"Aku tak pernah ingin  terlihat seperti model-model di sampul majalah. Aku mewakili sebagian besar perempuan dan sangat bangga bisa melakukannya." -Adele 

Dan masih banyak lagi contoh perempuan memesona lainnya karena rasa percaya diri dengan bentuk fisiknya meski nggak seperti model sampul majalah seperti yang dibilang Adele. 

Sekali lagi, semua itu karena rasa percaya diri.

source: dailymail.co.uk
Bayangkan kalau Maria Harfanti dan Adele nggak percaya diri dan nggak menerima bentuk fisiknya, mereka nggak mungkin akan sesukses dan seterkenal sekarang. Mereka nggak akan memiliki ribuan bahkan milyaran fans di berbagai belahan dunia seperti saat ini. Jadi sebenarnya, bukan bentuk fisik yang harus diubah, tetapi pola pikir kamu yang seharusnya diubah. Apapun bentuk fisikmu, kepercayaan dirimulah yang mampu membuat kamu terlihat memesona. Asah bakat dan potensi yang ada di diri kamu sebaik mungkin. 

Aku sendiri pernah mengalami masa-masa krisis percaya diri. Di keluarga mamaku, aku dan adikku yang memiliki kulit berbeda. Sepupu-sepupuku berkulit putih, sedangkan aku dan adikku nggak. Tapi, aku merubah pola pikirku, bahwa sikap seperti itu nggak akan bikin kita maju. Then, you can see, seperti inilah aku sekarang. Aku lebih percaya diri, meskipun aku tahu secara fisik aku nggak sesempurna Gigi Hadid. Aku berusaha untuk tampil percaya diri dan totalitas dalam melakukan sesuatu. 

Dan aku bersyukur. 

Kalau aku nggak percaya diri, mungkin aku nggak akan pernah ngerasain gimana rasanya jadi seorang host talkshow, berdiri di atas panggung acara besar (aku pernah jadi pemimpin murotal, dan MC untuk beberapa acara), menjadi juara dalam sebuah kontes modelling, dan menjadi blogger seperti sekarang ini. Aku nggak akan pernah tau betapa menyenangkannya menjalani hal-hal tersebut tanpa rasa percaya diriku ini. 

menjadi host talkshow saat praktek untuk salah satu tv fakultas kampusku
Juara III Fashion Show Hijab Remaja. Sorry for bad photo, karena ini foto udah jadul banget haha.
Aku bercerita seperti ini bukan untuk menyombongkan diri, ya. Duh, lagi mau sombong apaan coba, seterkenal Suzy MissA pun belum. Tapi aku ingin memotivasi teman-teman sesama perempuan agar lebih bersyukur atas fisik yang Tuhan berikan dan tampil percaya diri no matter what people say lewat postingan ini. Karena, perempuan yang #memesonaitu bukan yang sempurna secara fisik, tapi perempuan yang #memesonaitu adalah kita yang mampu percaya diri. 
Kalau menurut kalian, #MemesonaItu yang seperti apa, sih?



9 comments:

  1. Wah keren. Aku nggak bisa kontrol diri kalau bicara didepan umum. Sering kecepetan ngomongnya jadi orang sering nggak paham.

    ReplyDelete
    Replies
    1. banyakin latihan Lusi, aku pun juga masih belajar. hehe :D

      Delete
  2. Great post dear

    Would you like follow each other? :)
    http://theloth.blogspot.com/

    ReplyDelete
  3. zahraa aku setuju bangeeet... yang diubah itu bukan fisiknya tapi pola pikirnyaa !! hehee btw keren banget sih dirimu suka NgemC dan pernah juara modelling... sukes terus dan goodluck yaaa Blog Competitionnyaa ! :)

    www.inkaparamita.com

    ReplyDelete
    Replies
    1. awww thanks, kak Inka! aamiin begitu pula kak Inka, sukses selalu ❤

      Delete
  4. Setuju sama kamu, Zahra! Harus banyak bersyukur dalam kehidupan supaya bisa lebih mencintai diri sendiri dan menumbuhkan rasa PD:)
    Nice writing!

    mampir, ya:
    http://saycintya.blogspot.co.id/2017/04/review-derma-angel-acne-patch-rahasia.html

    ReplyDelete
  5. Iya bener, kalau kita ga percaya diri mungkin kita ga akan merasakan kegiatan-kegiatan atau kejadian-kejadian yang hebat ya, seperti diatas tadi "kalau ga PD mungkin ga akan merasakan jadi host, modelling dll."

    Salam kenal ya, kunjungi juga yuk postingan aku di :

    http://ikajuariah.blogspot.co.id/2017/05/memesonaitu-berani-beda-untuk-aspek.html

    ReplyDelete

You can leave comment here, and I will reply it as soon as I can. But, please NO SPAM. Thank you! ^^

< > Home
Zahra Tsabitah's Blog © , All Rights Reserved. BLOG DESIGN BY Sadaf F K.